Ketua Bawaslu Tikep: Mahasiswa Mitra Strategis Bawaslu
Cari Berita

iklan tambah

Advertisement

Ketua Bawaslu Tikep: Mahasiswa Mitra Strategis Bawaslu

Cyber News 86
Selasa, 16 Agustus 2022

Ketua Bawaslu Tidore, Bahrudin Tosofu saat memberikan materi kepada calon Mahasiswa baru di Kampus Universitas Nuku

CN86.Net Tidore- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Bahrudin Tosofu menjadi narasumber pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PEKKA MB) Universitas Nuku Tidore dengan tema Kesadaran Demokrasi dan Partisipasi Politik Mahasiswa, Selasa (16/8/2022).

“Mahasiswa merupakan mitra strategis Bawaslu, karena peran partisipatif mahasiswa dalam pengawasan partisipatif sangat memberikan pengaruh dan arti penting dalam proses penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan demokratis," kata Bahrudin saat memberikan materi kepada calon mahasiswa baru.

Ketua Bawaslu Tikep Bahrudin Tosofu menyampaikan terima kasih kepada Panitia PEKKA MB yang telah memberikan kesempatan kepada Bawaslu Tidore sebagai pembicara pada kegiatan penerimaan calon mahasiswa baru. Kegiatan seperti ini juga dapat meningkatkan sinergitas antara Bawaslu, Kampus dan Mahasiswa di Kota Tidore Kepulauan.

“Fungsi pencegahan yang dilakukan Bawaslu sesuai UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pasal 102 ayat 1 huruf C akan lebih baik jika Bawaslu bersinergi dengan seluruh stakeholder. Mahasiswa dapat berperan sebagai pelopor pencegahan politik uang dengan aktif mengawasi jalannya Pemilu dan Pemilihan karena mahasiswa sebagai agent of change yang pastinya memiliki banyak inovasi dan strategis dalam mencegah terjadinya pelangaran Pemilu khususnya politik uang,” tutur Bahrudin.

Diakhir acara, Ketua Bawaslu Tikep Bahrudin Tosofu memberikan closing statement dengan menyampaikan bahayanya Politik Uang yang tidak boleh dianggap sepele. Ketua Bawaslu juga berharap apa yang disampaikan hari ini dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk berperan aktif mengawasi pemilu, untuk demokrasi Indonesia yang lebih baik kedepannya. (Red)